Musdessus Penetapan KPM BLT DD Desa Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati.

  • Feb 24, 2023
  • PLOSOJENAR-JAKENAN
  • BERITA, DANA DESA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN

Plosojenar 24 Februari 2023. Musdessus Penetapan KPM BLT DD Desa Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dilaksanakan di Balai Desa Plosojenar pada Jumat 24 Februari 2023. Musdes ini dihadiri oleh kepala desa Bapak Marjo, perangkat desa, anggota BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, babinsa, babinkantibmas dan pendamping desa.

Pada kesempatan ini kepala Desa Plosojenar menjelaskan tentang proses seleksi dari nama-nama KPM BLT DD yang telah dirapatkan sebelumnya. Adapun penentuan KPM BLT DD ini pada warga paling miskin yang ada di desa sehingga terpilihnya 22 nama tersebut. Hari ini akan dibahas kelayakan nama-nama tersebut untuk menerima BLT DD.

Pendamping desa baru memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang KPM BLT DD yang menjadi mandat perpres 104 tahun 2021, permendesa 8 tahun 2022 dan PMK 201 Tahun 2022 dimana dana desa diprioritaskan 10% untuk KPM BLT DD dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem di desa. Selanjutnya dijelaskan tentang konsep miskin ekstrem menurut pendapatan dan aset.

Pak Sekdes memaparkan tentang penggunaan dana desa Tahun 2023 untuk pembangunan rabat beton, penanganan stunting, pemutakhiran data SDGs, 10,3% untuk BLT DD, program Padat Karya Tunai dan untuk penyertaan modal ke Bumdes. Selanjutnya disampaikan nama-nama calon penerima KPM BLT DD tahun 2023 dan dijelaskan kondisinya. Dibahas dan dilakukan tanya jawab dengan peserta musdessus dengan hasil disepakatinya 22 nama tersebut sebagai calon penerima BLT DD tahun 2023 ini.

Musdessus ditutup dengan doa.

 

M. Agus Prijadi Pendamping Desa.